5 pengunjung hari ini
Kontingen TN. Aketajawe Lolobata Tiba di Puncak HKAN Kontingen TN. Aketajawe Lolobata Tiba di Puncak HKAN List berita

 

Sofifi, 28 Agustus 2018. Hari ini adalah rangkaian acara puncak Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diselenggarakan di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Putih, Bitung Sulawesi utara. Menyambut kemeriahan acara tersebut Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) mengirimkan kontingennya sebanyak 2 orang kader konservasi dan satu pegawai Balai TNAL sebagai pendamping.

 

Kader konservasi yang dilibatkan adalah ketua kelompok Rimbawan Pecinta Alam Aketajawe Lolobata (RIMPAL) dan ketua kelompok Sanggar Wisata Alam Tayawi (SWAT). Kedua kelompok tersebut merupakan kelompok binaan Balai TNAL pada kawasan wisata di Resort Binagara dan Resort Tayawi.

 

RIMPAL merupakan kumpulan anak muda dan siswa sekolah di Resort Binagara yang cinta akan petualangan khususnya panjat tebing dan selusur goa. Kelompok ini diinisiasi oleh Rudi (ketua) yang notabene merupakan kader yang selalu diajak oleh TNAL untuk membantu setiap kegiatan inventarisasi di dalam kawasan. Anak-anak muda ini dipilih karena sudah menunjukkan komitmennya dibidang konservasi alam, salah satunya adalah mengajak dan melatih anak-anak usia dini panjat tebing dan turut mempromosikan kawasan TNAL.

 

Kelompok SWAT merupakan kelompok pemandu dan jasa penyiapan wisata alam di Resort Tayawi. Selain telah berhasil membantu menyiapkan acara HKAN tahun lalu, kelompok ini juga telah melakukan kegiatan-kegiatan sosial diantaranya adalah turut menyusun program kurikulum pengajaran lingkungan di sekolah di desa Koli.

 

“Saya sangat terkesan dan bersyukur bisa diikutkan dalam kegiatan (HKAN) ini dan ini pertama kali bagi saya”, kata Rudi, ketua RIMPAL saat dikonfirmasi lewat telpon (28/08). “Saya mendapat banyak cerita pengalaman dan masukan dari berbagai kader dari seluruh Indonesia”, tutupnya.

 

“Kedua utusan tersebut merupakan kader terbaik yang akan membantu TNAL dalam pelestarian kawasan kedepannya“, ungkap Wahyudi, Kepala balai TNAL. “Di acara ini pula akan kami putarkan perdana video klip lagu TNAL yang berjudul Aketajawe Se Lolobata”, tambahnya.

 

 

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Anda Pengunjung Ke
3
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 5
Kemarin : 63
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp