82 pengunjung hari ini
Dua Perguruan Tinggi Presentasi Hasil Penelitian di Balai TN. Aketajawe Lolobata Dua Perguruan Tinggi Presentasi Hasil Penelitian di Balai TN. Aketajawe Lolobata List berita

 

Sofifi, 27 Agustus 2018. Adalah mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dan mahasiswa Universitas Halmahera (Uniera) Tobelo yang baru saja selesai melakukan presentasi hasil penelitian mereka di kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). presentasi tersebut dilaksanakan di ruang rapat kantor Balai TNAL yang dihadiri langsung oleh Kepala Balai TNAL dan Dosen Pembimbing STP Bandung dengan Kepala SPTN Wilayah I Weda sebagai moderator acara.

 

Mahasiswa STP Bandung mempresentasikan hasil penelitian meraka tentang pelibatan Masyarakat Tobelo Dalam (MTD) dalam kegiatan pariwisata. Lima mahasiswa ini menjelaskan bahwa MTD di Resort Tayawi sudah dilibatkan dalam beberapa kegiatan, antara lain sebagai penyedia jasa antar dan tergabung dalam keanggotaan kelompok Sanggar Wisata Alam Tayawi (SWAT).

 

“Ini adalah tahap awal bagi mahasiswa kami (STP Bandung), karena masih dua tahap lagi, yaitu penelitian yang bersifat teknis dan bersifat aplikatif seperti pemberdayaan masyarakat”, kata Dosen Pembimbing STP Bandung. “Semoga kami masih bisa bergabung dengan TNAL”, lanjutnya.

 

Pemaparan selanjutnya adalah dari mahasiswa Uniera Tobelo. Judul yang diambil dalam penelitiannya adalah nilai manfaat langsung TNAL kepada masyarakat. Lokus penelitian adalah di Desa Bukit Durian. Hasil pemaparan mahasiswa tersebut bahwa, manfaat sumber daya alam hayati yang dimanfaatkan masyarakat Desa Durian yaitu Rp.112.382.680/tahun.

 

Dalam sesi tanya jawab, kedua pergutuan tinggi tersebut mendapatkan masukan yang penting dari para peserta yang merupakan pengelolan kawasan TNAL.

 

 

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Anda Pengunjung Ke
78
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 82
Kemarin : 195
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp