43 pengunjung hari ini
CPNS Balai TNAL menyelesaikan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Gol. III Gelombang I Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan CPNS Balai TNAL menyelesaikan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Gol. III Gelombang I Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan List berita

 

 

Sofifi, 23 Agustus 2018

Setelah melaksanakan dan  mengaktualisasikan nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitemen Mutu dan Anti Korupsi) dan kedudukan pns (Manajemen ASN, Whole of Government (WoG), Pelayan Publik) dalam masa habituasi selama 2 bulan lamanya di unit kerja Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

 

Tepatnya Rabu, 8 agustus 2018, CPNS Balai TNAL a.n. Nadiya Fasha Fawzi, S.Hut  melakukan  presentasi hasil aktualisasi dihadapan Ibu Dr. Sri Harteti, S.Pi, M.Si sebagai Penguji, Bapak Prama Gustian, S.Hut, M.Si sebagai Coach, dan Bapak Raduan, SH sebagai Mentor.

 

Evaluasi hasil aktualisasi ini merupakan seminar dari penetapan isu yang telah disusun dan disepakati,  didasarkankan pada agenda II yaitu Manajemen ASN, Whole of Government (WoG) dan Pelayanan Publik serta pemecahan isu yang direlevansikan dengan agenda III yaitu nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Akuntabilitas) pada rancangan aktualisasi.

 

Evaluasi hasil aktualisasi dilakukan selama 3 hari, mulai tanggal 5 agustus sampai dengan 8 agustus 2018 di Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bogor.

 

Isu yang diangkat pada saat rancangan aktualisasi adalah Bahan Informasi ODTWA yang belum lengkap  dan Data keanekaragaman, khusunya Fauna (Aves) di Wil. SPTN I Weda belum terkelola dengan baik. Output yang dihasilkan dari pemecahan isu ialah Pembuatan Database Burung di Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Weda, Pembuatan Booklet Burung Dilindungi di TNAL, Leaflet ODTWA Resort Tayawi, Booklet mengenai ODTWA Resort Tayawi dan Infografis Resort Tayawi.

 

Output yang dihasilkan dari pemecahan isu ini diharapkan dapat mendukung tugas Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata yaitu melakukan penyelenggaran konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan dapat mendukung salah satu fungsi Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata yaitu penyedia data dan informasi, promosi dan pemasaran konservasi sumberdaya alam dan ekosistem.

 

Diharapkan dengan telah selesainya kegiatan  latsar CPNS gol III  dapat membentuk ASN yang selalu menerapkan nilai-nilai ANEKA dalam kehidupan sehari-hari dalam melaksanakan tugas di lapangan khususnya  UPT Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata, yang nantinya akan bermanfaat untuk ASN, organisasi, dan tentunya masyarakat luas.

 

Oleh : Nadiya Fasha Fawzi, S.Hut

Calon PEH Pertama

Anda Pengunjung Ke
40
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 43
Kemarin : 83
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp