5 pengunjung hari ini
Hari Ke-2 HKAN, TN. Aketajawe Lolobata Upacara HUT RI bersama MTD Hari Ke-2 HKAN, TN. Aketajawe Lolobata Upacara HUT RI bersama MTD List berita

 

Sofifi, 17 Agustus 2018. Hari ke-2 rangkaian kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) adalah upacara bendera Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Upacara ini dilaksanakan bersama mahasiswa Himakova IPB, UGM, Universitas Khairun Ternate, Universitas Nuku Tidore, Universitas Halmahera, Sekolah Tinggi pariwisata Bandung dan Masyarakat Tobelo Dalam (MTD).

 

Upacara dilaksanakan pada pukul 09.30 WIT di Gunung Uni-Uni, Halmahera Timur yang merupakan lokasi pelaksanaan kegiatan HKAN. Inspektur Upacara dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Halmahera Tiimur, Hardi Musa. Sedangkan yang menjadi petugas upacara adalah Polisi Kehutanan Balai TNAL yang di pimpin oleh Yusra Abdul Kadir sebagai Komandan upacara. Peserta kegiatan, yaitu Himakova IPB juga mendapat tugas sebagai paduan suara untuk menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

 

Hadir dalam upacara tersebut adalah Kepala Balai TNAL, Kepala SPTN Wilayah II dan III, Putri Pariwisata Maluku Utara tahun 2016 dan relawan dari Ulrick yang akan ikut melaksanakan Ekspedisi TNAL. Barisan peserta upacara yang menyita perhatian adalah Masyarakat Tobelo Dalam (MTD). Peserta ini membawa seluruh peralatan berburu dalam upacara bahkan sebagian dari mereka tidak menggunakan alas kaki dan berbusana lengkap. Tak lupa kegiatan ini juga diliput oleh salah satu televisi nasional.

 

“Kegiatan ini sangat unik dan sangat bagus untuk dilaksanakan”, kata Hardi. “Kami (Pemda Haltim), akan mendukung kegiatan Balai TNAL terkait bidang pariwisata”, tambahnya.

 

Selesai upacara, perwakilan dari MTD diminta mengambil tempat untuk menerima bingkisan berupa bahan pokok dan busana layak pakai. Setelah menerima bingkisan, terlihat senyum yang gembira pada wajah mereka.

 

“Kita duduk bersama MTD, mahasiswa, LSM, instansi pemerintah dan komunitas-komunitas ini menandakan bahwa Balai TNAL dalam mengelola kawasannya tidak sendirian dan terus bersinergi dengan para pihak sebagai mitra yang baik”, tegas Wahyudi, Kepala Balai TNAL.

 

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

 

Anda Pengunjung Ke
3
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 5
Kemarin : 63
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp