14 pengunjung hari ini
Pusat Keteknikan Kehutanan dan Lingkungan Kementerian LHK menyelenggarakan bimtek pengoprasian drone dan pemetaan Pusat Keteknikan Kehutanan dan Lingkungan Kementerian LHK menyelenggarakan bimtek pengoprasian drone dan pemetaan List berita
 
 
Bogor 05/03/2018 – Drone adalah pesawat tanpa awak atau istilah lain dalam bahasa inggris Unmanned Aerial Vehicle(UAV) sekarang ini sudah berkembang sangat canggih. Pada awalnya drone ini sebagai salah satu peralatan militer yang digunakan untuk memata-matai musuh namun seiring berkembangnya tehknologi. Saat ini, drone dengan berbagai merek dan tipe telah dijual secara bebas di pasaran dan boleh di operasikan oleh masyarakat umum. Banyak kegunaan dan fungsi dari drone. Selain video dan foto yang bisa dihasilkan, sekarang ini drone juga bisa digunakan untuk keperluan pemetaan, pemadam kebakaran,  alat untuk mengantarkan makanan dan kiriman serta sebagai alat transportasi dan lain sebagainya. 
 
Untuk memanfaatkan dan memaksimalkan fungsi drone. Pusat Keteknikan Kehutanan dan Lingkungan Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan bimbingan teknis penggunaan drone untuk pemetaan selama 5 hari di Taman Nasional Gunung Gede Pangerango,  Bogor,  Jawa Barat. Acara dibuka oleh Kepala Pusat Keteknikan Kehutanan dan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir. Gatot Soebiantoro, M.Sc.
Peserta yang ikut dalam Bimtek ini brerjumlah 25 orang yang berasal dari perwakilan UPT Kementerian LHK di seluruh Indonesia. Sedangkan para pengajar berasal dari Diorama Training Departement,  dimana Diorama ini sudah sangat berpengalaman dalam bidang Aeromodeling di Indonesia.  
 
Dalam sambutannya Kepala Pusat Keteknikan Kehutanan dan Lingkungan menyampaikan bahwa drone hanyalah alat semata semua tergantung pada pilotnya, mau di fungsikan seperti apa drone ini. Kata Ir,  Gatot Soebiantoro,  M. Sc.  Beliau juga mengharapkan agar seluruh peserta  Bimptek ini agar serius dalam menerima materi dan praktek lapangannya supaya nanti ilmunya bisa diterapkan di tempat tugas masing masing tambah beliau.  Dalam Bimtek ini peserta diajarkan mulai dari awal menerbangkan drone, pengambilan potret udara, pembuatan peta 3 Dimensi, menganalisa data dan layout peta menggunakan Arcgis. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami,  karna ini baru pertama di selenggarakan oleh PUSTEKLHK,  kami mengharpakan pelatihan ini tidak berhenti sampai disini, kedepan mudah mudahan masih ada jenjang selanjutnya kata salah satu peserta Bimptek.
 
M. Sofyan Ansar.  
Balai TN aketajawe Lolobata
Anda Pengunjung Ke
12
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 14
Kemarin : 101
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp