4 pengunjung hari ini
Sang Captain Sang Captain "Blusukan" Ke Resort Tayawi, TN. Aketajawe Lolobata List berita

 

Sofifi, 4 Maret 2018. Sunyi, senyap, TOP, tanpa hingar bingar dan kemeriahan penyambutan pejabat, ungkap Sukardi, Tenaga Teknis Konservasi Balai TNAL.

 

Begitulah kira-kira gambaran tentang kunjungan Captain Ali Ibrahim, Wali Kota Tidore Kepulauan yang baru saja (3/3) melakukan kunjungan ke Resort Tayawi, Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). Sang Captain beserta jajarannya (SKPD) dan Muspika menghabiskan weekend di Resort Tayawi dipandu langsung oleh Kepala SPTN Wilayah I Weda dan Kepala Resort Tayawi beserta petugas resort lainnya dengan sederhana.

 

Kunjungan Wali Kota ini dilakukan dalam rangka melihat lebih dekat keberadaan Masyarakat O’Hongana Manyawa atau Masyarakat Tobelo Dalam (MTD) atau suku Togutil di dalam kawasan TNAL serta melihat potensi wisata di Resort Tayawi, Desa Koli, Kecamatan Oba. Selain itu Wali Kota juga melakukan diskusi bersama masyarakat serta mengunjungi bangunan Suaka Paruh Bengkok.

 

Dalam acara diskusi bersama yang dilakukan di kantor Resort Tayawi, Wali Kota menghimbau masyarakat dan semua pihak di sekitar kawasan TNAL untuk menjaga dan melestarikan kawasan TNAL. Beliau juga akan mengupayakan agar masyarakat O’Hongana Manyawa menetap di Tayawi dan akan menyampaikan hal ini ke kementerian terkait di pusat (Jakarta) untuk memberikan bantuan rumah dengan konsep yang sesuai dengan lingkungan dan tradisinya selama ini. Selain itu Ali Ibrahim juga meminta agar kegiatan pengambilan galian C segera dihentikan karena khawatir masuk kedalam kawasan TNAL yang berdampak buruk bagi lingkungan sekitar.

 

“Karena hutan adalah titipan Tuhan yang harus disyukuri”, ungkap Wali Kota.

 

Malam harinya Wali Kota menginap di kantor Resort Tayawi dengan alas tikar seadanya sama seperti para petualang yang berkunjung di Resort Tayawi serta menikmati makanan tradisional yang disajikan dan tentu saja ditemani oleh Kepala Suku MTD, Bapak Mesakh.

 

“Pak Wali Kota sangat terkesan dengan suasana kawasan Resort Tayawi yang masih asri, dimana terdengar suara alam, burung, udara yang sejuk dan keramahan MTD”, ungkap Indra, Kepala Resort Tayawi.

 

"Saya sangat senang atas kunjungan ini, dan berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Wali Kota yang telah berkenan bermalam di resort yang sangat sederhana dan berbaur bersama kami penuh keakraban", ungkap Raduan, Kepala SPTN Wilayah I Weda.

 

Oleh : Indra Irawan

Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Anda Pengunjung Ke
3
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 4
Kemarin : 63
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp