5 pengunjung hari ini
Keaslian Alam Resort Tayawi Diburu Mahasiswa Kehutanan Untuk Kegiatan Lapangan Keaslian Alam Resort Tayawi Diburu Mahasiswa Kehutanan Untuk Kegiatan Lapangan List berita

 

Sofifi, 23 Januari 2018. Keaslian dan keindahan kawasan hutan di Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) kembali menjadi magnet bagi mahasiswa untuk melakukan beraneka kegiatan. Salah satunya adalah diklat dasar atau pengkaderan anggota baru kelompok Sylva Indonesia oleh mahasiswa Kehutanan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate. Kegiatan tersebut berlangsung selama 7 hari, dimulai tanggal 22 s/d 28 Januari 2018.

 

“Kami memilih lokasi ini (TNAL) sebagai tempat kegiatan karena merupakan kawasan konservasi di Maluku Utara dan lokasinya sangat bagus untuk kegiatan seperti ini dan juga penelitian”, kata Zulkifli, mahasiswa semester lima Kehutanan Unkhair.

 

Nama kegiatan pengkaderan ini adalah PKMR (Perkemahan Kerja Malam Rimbawan). Menurut keterangan Zulkifli, bahwa kegiatan pengkaderan ini meliputi penggemblengan mental dan fisik, pengenalan alat-alat terkait bidang kehutanan, navigasi, survival dan jelajah. Kegiatan yang dilaksanakan di bumi perkemahan Gosimo itu didampingi langsung oleh Kepala Resort Tayawi, Indra Irawan beserta satu orang tenaga kontrak.

 

Jumlah peserta keseluruhan yang mengikuti acara tersebut sekitar 150 mahasiswa, baik yang menjadi panitia, peserta maupun para senior yang ikut dalam pendampingan pengkaderan tersebut.

 

“Pelan-pelan Resort Tayawi menjadi tempat bagi mahasiswa setempat untuk melakukan kegiatan, mulai dari kunjungan praktikum sampai tempat penelitian”, kata Indra.

Saat ini masih terdapat satu mahasiswa Unkhair yang melakukan penelitian di Resort Tayawi. Beberapa hari sebelumnya juga terdapat dua kegiatan penelitian di lokasi tersebut.

 

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Anda Pengunjung Ke
3
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 5
Kemarin : 63
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp