83 pengunjung hari ini
Langkah Nyata Kota Tidore Kepulauan Untuk TN. Aketajawe Lolobata Langkah Nyata Kota Tidore Kepulauan Untuk TN. Aketajawe Lolobata List berita

 

Sofifi, 26 Januari 2018. Berawal dari kegiatan rapat koordinasi (18/01) terkait pemanfaatan kawasan konservasi pada Resort Tawawi, Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) oleh pemerintah daerah Kota Tidore Kepulauan (Tikep). Rapat tersebut dilaksanakan di ruang rapat kantor Walikota TIkep yang dipimpin langsung oleh Walikota, Capt. Ali Ibrahim. Peserta rapat berasal dari seluruh SKPD terkait, Kepala Desa Koli, kelompok masyarakat penggerak wisata Desa Koli diwakili oleh kelompok Sanggar Wisata Alam Tayawi (SWAT) dan Balai TNAL.

 

Walikota Tikep dalam paparannya menyampaikan bahwa terdapat potensi wisata di wilayah TIkep yang hampir luput dari perhatian Pemda namun di media sosial cukup viral. Terkait hal tersebut Walikota Tikep meminta penjelasan dari Balai TNAL. Menanggapi permintaan tersebut, Balai TNAL yang diwakili oleh Kepala SPTN Wilayah I Weda, Raduan menyampaikan terima kasih atas undangan rapat dan kesempatan yang diberikan. Raduan juga menyampaikan tentang potensi wisata Resort Tayawi yang berada di wilayah administrasi Kota Tidore Kepulauan dan Balai TNAL telah memiliki dokumen Site Plan Wisata Alam.

 

“Apakah ada ruang untuk Pemda (Kota Tikep) masuk ke TNAL?”, tanya Capt. Ali Ibrahim.

“Ada Pak”, jawab Raduan. “Karena banyak sarpras yang akan dibangun, jika Balai TNAL sendiri yang membangun kemungkinan sepuluh tahun lagi baru selesai”, tambah Beliau.

 

Menanggapi penjelasan dari Kepala SPTN I, Walikota Tikep langsung menugaskan SKPD terkait untuk berkunjung langsung ke kawaan TNAL dan meminta pihak Balai TNAL untuk mendampingi.

 

Hari Sabtu, 20 Januari 2018 sekitar 50 orang anggota tim SKPD Kota Tidore Kepulauan berkunjung ke kawasan TNAL di Resort Tayawi dan didampingi oleh Kepala SPTN I dan Kepala Resort. Rombongan tersebut bermalam dengan mendirikan tenda di bumi perkemahan Goshimo. SKPD tersebut antara lain Banglitbangda, Sekda Tikep, Dinas Lingkungan Hidup dan beberapa SKPD lainnya. Kepala Banglitbangda juga turut hadir dalam kunjungan tersebut.

 

“Bagus, Saya suka (Resort Tayawi) tinggal bersinergi antara kota tidore kepulauan dengan TNAL terkait pembangunan sarprasnya, seperti akses masuk yang masih susah”, kata Desi dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tikep. "Pemkot Tikep juga berencana akan membantu dgn melakukan pengaspalan jalan masuk ke arah Suaka paruh Bengkok sampai ke pintu masuk ke arah Resort Tayawi", tutup Desi.

 

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Anda Pengunjung Ke
78
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 83
Kemarin : 195
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp