78 pengunjung hari ini
Kurikulum Mulok Berbasis Konservasi Kurikulum Mulok Berbasis Konservasi List berita

Tayawi,15 januari 2018
Rapat bersama,Komite sekolah dan Dewan guru SDN Tayawi membahas Rumusan kerangka muatan kurikulum Mulok berbasis konservasi.

 

Untuk pendidikan formal saat ini,kemandirian dan pemberdayaan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan sekolah untuk mengambil keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum demi meningkatkan mutu pendidikan,kemandirian mengelola sumberdaya alam yang tersedia dan meningkatkan kepedulian warga sekolah terhadap kompetensi dasar satuan pendidikan berkarakter yang hendak dicapai.

 

Oleh karena itu,memasuki semester 2 ( dua ) tahun pembelajaran 2017/2018 SDN Tayawi akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar hususnya mata pelajaran Mulok di isi dengan konservasi Alam.

 

Sebagaimana diketahui bahwa,menyusun kurikulum mulok merupakan kewenangan sekolah karena pihak sekolah lebih mengetahui kebutuhan lembaga hususnya input pendidikan yang akan dikembangkan.

 

Bagi komite dan Dewan guru SDN Tayawi,kurikulum Mulok di isi dengan muatan muatan konservasi alam adalah sebuah kebutuhan sesuai kompetensi dasar dan tetap berkelanjutan pada semester berikutnya agar kedepan cita cita bersama menjadikan SDN Tayawi sebagai Green scool atau sekolah model konservasi bisa terwujud.
Dalam menyusun muatan kurikulum Mulok,pihak sekolah menjalin kerja sama dengan Balai Taman nasional Aketajawe-Lolobata dimana pihak sekolah menyusun muatan kerangkah kurikulum sedangkan muatan materi konservasi dari BTNAL yang kemudian disusun menjadi buku panduan pembelajaran Mulok.

 

"Kita mengambil konservasi alam sebagai muatan kurikulum karena sumberdaya alam mendukung dan memenuhi syarat sebagai media dan pengatahuan yang sangat praktis di ajarkan pada anak didik." Kata kepala SDN Tayawi Mukaddi Abdurrahman saat membuka rapat.
Sementara bagian penanggung jawab data sekolah dan penyusunan kurikulum Suryadi Landola S.Pd. memaparkan." Kita beri nama muatan kurikulum Mulok ini " konservasi Alam " yang bertujuan,peserta didik mengetahui konsep dasar yang berkaitan dengan konservasi alam Taman nasional Aketajawe-Lolobata,meningkatkan kesadaran peserta didik untuk berperan dalam pelestariannya bahkan mampu berkomonikasi dengan masyarakat sekitar tentang konservasi.Sedangkan ruang lingkup pembelajaran mengarah pada Flora dan Fauna yang ada dalam kawasan Taman Nasional Aketajawe-Lolobata serta pelestariannya untuk kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan.

 

" harapan saya,kita serius dalam penerapan mulok ini.Bila semuanya berjalan sesuai rencana maka saya akan bawa kurikulum ini untuk ditawarkan pada 13 Sekolah Dasar se kecamatan oba di pertemuan Komonitas Guru Pembelajar tingkat kecamatan." Papar Mukaddi Abdurrahman seraya menutup rapat tersebut.

 

 

Pengirim.
Jamal Adam
Anggota FK3I/KetuaKomite SDN Tayawi.

Anda Pengunjung Ke
78
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 78
Kemarin : 195
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp