80 pengunjung hari ini
Hasil Audiensi TN. Aketajawe Lolobata dengan Pemda Halmahera Timur Hasil Audiensi TN. Aketajawe Lolobata dengan Pemda Halmahera Timur List berita

 

Sofifi, 16 Mei 2019. Setelah beberapa hari lalu audiensi dengan Pemda Kota Tidore Kepulauan dan Pemda Kabupaten Halmahera Tengah, Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) juga telah melakukan audiensi dan dialog ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Timur (15/05). Audiensi Balai TNAL bersama Burung Indonesia ini dilaksanakan di Ruang Rapat Eselon Kabupaten Halmahera Timur dengan di pimpin langsung oleh staf ahli Bupati dan dihadiri beberapa perwakilan dinas terkait.

 

Balai TNAL dan Burung Indonesia masing-masing memaparkan tugas pokok dan fungsinya. Taman nasional yang diwakili oleh Birawa (Kepala SPTN Wilayah II) dan Junesly (Kepala SPTN Wilayah III) memberikan peta pengelolaan Taman Nasional Aketajawe Lolobata seusai acara.

 

Selesai pemaparan, Pemda Haltim melakukan diskusi terkait kolaborasi pengelolaan khususnya bidang pemberdayaan masyarakat. Seperti telah diketahui bahwa beberapa desa pada wilayah Haltim telah diberikan pelatihan dan kegiatan pemberdayaan lainnya oleh Balai TNAL. Desa tersebut antara lain Desa Dorolamo di bidang pertanian, Desa Miaf dan Desa Lolobata di bidang perikanan, dan Desa Ake Jawi di bidang pariwisata alam.

 

Pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat pada ke empat desa tersebut sangat di dukung oleh dinas terkait. Dinas Pertanian akan membuatkan embung, Dinas Perikanan akan memberikan pendampingan dan kepastian hukum, dan Dinas Pariwisata Halmahera Timur sedang melakukan proses pembuatan jalan wisata yang akan dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya.

 

Hasil audiensi tersubul menghasilkan salah stu point penting yang akan diteruskan oleh Staf Ahli kepada Bupati Halmahera Timur adalah membuat Perda atau SK pelarangan penangkapan dan perdagangan burung paruh bengkok diwilayah Halmahera Timur.

 

Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur berharap Taman Nasional, Burung Indonesia dan Dinas Terkait dapat lebih sering mengadakan kegiatan serupa dalam meningkatkan sinergitas  berbagai instansi dalam upaya mensejahterakan masyarakat Kabupaten Halmahera Timur.

 

Oleh:

Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai TN. Aketajawe Lolobata

Anda Pengunjung Ke
78
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 80
Kemarin : 195
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp