5 pengunjung hari ini
Heboh Lebah Raksasa, Komda SDG Malut Adakan Pertemuan di TN. Aketajawe Lolobata Heboh Lebah Raksasa, Komda SDG Malut Adakan Pertemuan di TN. Aketajawe Lolobata List berita

 

Sofifi, 21 Maret 2019. Lebah raksasa atau Megachile pluto menjadi perbincangan peneliti dan akademisi beberapa bulan terakhir. Menyikapi hal tersebut, Komisi Daerah Sumber Daya Genetik (Komda SDG) Maluku Utara menggelar pertemuan anggota. Pertemuan tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2019 di kantor Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL).

 

Pertemuan yang dipimpin langsung oleh Kepala Balitbangda Provinsi Maluku Utara selaku Wakil Ketua Komda SDG tersebut dihadiri juga oleh Bappeda Provinsi Maluku Utara, Wallacea Nature, Pemandu Lokal, Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara, Balai KSDA Maluku SKW I Ternate, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku Utara, Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate, BPTP Maluku Utara, LPPM Universitas Khairun dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara.

 

Pada kesempatan tersebut pemandu wisata setempat menceritakan tentang kronologis kedatangan Clay, fotografer serangga, beserta rekanannya yang berhasil mendokumentasikan Lebah Raksasa Wallace tersebut. Kronologis ini perlu disampaikan untuk meluruskan beberapa pemberitaan yang simpang siur terhadap penemuan kembali lebah endemik Maluku Utara ini. Balai TNAL juga menyampaikan bahwa pihak pusat, Direktorat KKH, LIPI, Puslitbanghut, dan BKSDA Maluku telah mengadapkan pertemua atas temuan Lebah Raksasa tersebut. Hasil pertemuan tingkat pusat tersebut menghasilkan arahan dari Direktur KKH agar Balai TNAL bersama Balai KSDA Maluku segera melakukan pre-survei sebelum tim gabungan dari pusat melakukan survei bioekologi terhadap lebah tersebut.

 

Pertemuan Komda SDG Malut ini menghasilkan 7 (tujuh) rekomendasi yang selanjutnya akan dilaporkan kepada Gubernur Maluku Utara. Diantara rekomendasi tersebut diantaranya adalah melakukan riset bersama terhadap Megachile pluto dan seluruh pihak akan melakukan pengawasan terpadu terhadap peredaran pemanfaatan, dan perlindungan lebah raksasa.

 

Oleh :

Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai TN. Aketajawe Lolobata

Anda Pengunjung Ke
3
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 5
Kemarin : 63
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp