83 pengunjung hari ini
Serunya HPSN 2019 TN. Aketajawe Lolobata Bersama Stakeholder Serunya HPSN 2019 TN. Aketajawe Lolobata Bersama Stakeholder List berita

 

 

Sofifi, 4 Maret 2019. Sampah memang selalu ada setiap saat di sekitar kita. Terutama sampah plastik. Demi mengurangi keberadaan sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membuat program Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019.

 

Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) pagi tadi telah melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah di sepanjang jalan Empat Puluh, di Sofifi. Kegiatan ini sekaligus memperingati HPSN 2019. Tidak hanya sekedar membersihkan sampah, tetapi juga dilaksanakan penyuluhan dan penyadartahuan kepada pelajar dan masyarakat dengan melibatkan mereka dalam kegiatan yang positif tersebut.

 

Diawali dengan upacara pembukaan HPSN yang di pimpin langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku Utara, Ridwan, mewakili Gubernur Provinsi Maluku Utara yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Ridwan mengajak untuk menjadikan Sofifi sebagai daerah yang bersih dari sampah sehingga nyaman sebagai tempat hunian. Ridwan juga menyampaikan program pemerintah daerah Provinsi Maluku Utara tahun 2019 terkait tentang pengelolaan sampah. Yaitu, akan di bangun sebanyak 18 titik lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dan satu buah Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

 

Setelah acara pembukaan selesai, sebagian peserta melakukan penanaman pohon di pinggir jalan dan sebagian lainnya bersih-bersih sampah. Dibekali dengan kantong sampah berukuran besar, para siswa Sekolah Dasar yang didampingi oleh gurunya sangat antusias untuk mengumpulkan sampah. Kantong sampah yang telah penuh dan terkumpul langsung di angkut ke tempat penampungan sampah sementara. Kegiatan ini juga diikuti oleh wartawan Kompas sebanyak 2 (dua) orang.

 

“Semoga dengan kegiatan seperti ini, masyarakat akan semakin sadar tentang pengelolaan sampah dan tidak membuang sampah di semua tempat”, kata Wahyudi, Kepala Balai TNAL.

 

Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama, dimana Balai TNAL juga menyediakan gelas minum beserta tutupnya bagi para peserta untuk di bawa pulang sebagai cinderamata dengan tujuan agar tidak menggunakan air mineral dalam kemasan. Hal ini juga untuk mengurangi sampah plastik.

 

Kegiatan HPSN 2019 ini semakin meriah dengan diadakannya kuis tentang sampah oleh instansi-instansi terkait dengan hadiah yang menarik.

 

Oleh :

Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai TN. Aketajawe Lolobata

Anda Pengunjung Ke
78
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 83
Kemarin : 195
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp