12 pengunjung hari ini
Akhirnya Kantor Resort Akejira TN  Aketajawe Lolobata resmi bisa beroperasi. Akhirnya Kantor Resort Akejira TN Aketajawe Lolobata resmi bisa beroperasi. List berita

 

Sofifi, 31 Januari 2019. Setelah pembangunan kantor Resort Akejira, SPTN Wilayah I Weda yang berada di Desa Kobe, Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah pada tahun 2018 lalu, pada hari Rabu 30 Januari 2019 Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) yang didampingi oleh pejabat struktural dan beberapa pegawai melakukan peresmian kantor tersebut.

 

Rombongan Kepala Balai TNAL di sambut dengan tarian-tarian adat oleh masyarakat yang merupakan inisiatif dari warga Desa Kobe. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada masyarakat, Wahyudi selaku Kepala Balai mengikuti gerakan tarian adat yaitu tarian cakalele bersama Kepala SPTN Wilayah I Weda, Raduan. Masyarakat tampak senang dengan adanya kantor Resort Akejira sebagai kantor perwakilan Balai TNAL. Kepala Desa, tetua adat dan perwakilan dari Burung Indonesia turut hadir dalam acara tersebut.

 

 

Dalam sambutannya, Wahyudi menyampaikan bahwa berdirinya kantor Resort Akejira diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Kobe dan kerja sama antara Desa Kobe dengan Balai TNAL semakin baik.

 

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat dan para tetua adat bahwa akhirnya Bapak Ibu bisa menerima keberadaan Balai TNAL dengan baik”, kata Wahyudi kepada masyarakat yang hadir. Wahyudi juga mengatakan bahwa sejak Taman Nasional berdiri tahun 2007 masyarakat Desa Kobe masih menolak keberadaan TNAL namun sejak akhir tahun 2018 kemarin sudah bisa menerima TNAL dan saat ini bisa bersama-sama meresmikan kantor resort.

 

“Kantor Resort ini juga bisa dimanfaatkan bersama-sama masyarakat untuk kepentingan bersama dan bisa dimanfaatkan salah satu ruangannya sebagai taman baca bagi anak usia sekolah dan saat ini bukunya sedang dipersiapkan”, tambahnya.

 

Acara peresmian ditutup dengan acara syukuran tahun baru 2019 di malam harinya oleh seluruh masyarakat desa Kobe dan Balai TNAL. Kepala Balai berharap kegiatan ini menjadi tonggak baru  sinergitas pengelolaan Taman Nasional Aketajawe Lolobata bersama masyarakat Desa Kobe.

 

Kepala Balai juga mengatakan bahwa, "Pada beberapa resort pengelolaan TNAL yang membawahi desa yang memiliki sejarah konflik dengan TNAL akan kita angkat Kepala Resort yang memiliki kualifikasi pendidikan S2 agar bisa lebih membangun kerja sama dengan masyarakat salah satunya di Resort Akejira ini.

 

Oleh:

Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai TN. Aketajawe Lolobata

Anda Pengunjung Ke
12
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 12
Kemarin : 101
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp