80 pengunjung hari ini
Ini Hasil Road Show Pejabat Struktural Balai TN. Aketajawe Lolobata di Awal Tahun 2019 Ini Hasil Road Show Pejabat Struktural Balai TN. Aketajawe Lolobata di Awal Tahun 2019 List berita

 

Sofifi, 24 Januari 2019. Menindak lanjuti kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pembentukan kelompok usaha ekonomi produktif dan kerjasama antar pihak pada tahun 2018, Kepala Balai beserta pejabat struktural Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) mengadakan road show ke Kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Halmahera Timur dan Kota Tidore Kepulauan. Ketiga Kabupaten dan Kota tersebut masuk dalam wilayah Administrasi Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Kegiatan ini juga mengikutsertakan pejabat fungsional  Penyuluh Kehutanan.

 

Dalam kunjungan ke Halmahera Tengah, Kepala Sub Bagian Tata Usaha beserta rombongannya mengunjungi kelompok binaan TNAL di desa Kobe untuk mendapatkan informasi terkait perkembangan kelompok. Kepala Desa Kobe yang telah difasilitasi bersama ketua kelompok untuk studi banding di Taman Nasional Gunung Cermai ini sangat antusias untuk membina dan mendukung kelompok binaan TNAL di Desanya.

 

Pada kesempatan terpisah, dilakukan kunjungan ke Kabupaten Halmahera Timur. Pada kesempatan tersebut beberapa Kepala Dinas di undang langsung oleh Kepala Balai TNAL untuk menghadiri pertemuan di kantor SPTN Wilayah II Maba. Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa kebijakan di bidang pemberdayaan masyarakat, antara lain sinergitas dan kolaborasi kegiatan antar penyuluh kehutanan dan penyuluh pertanian serta dukungan pihak Pemerintah Daerah kepada Balai TNAL melalui instansi teknisnya antara lain  pembangunan jalan wisata (jalur treking) pengamatan burung Bidadari Halmahera di Desa Ake Jawi. Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai menyempatkan bersilahturahmi ke Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur dan di terima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Haltim karena Bupati sedang dinas luar.

 

Selanjutnya Kepala Balai dan Pejabat Struktural juga mengunjungi kelompok binaan di Desa Lolobata dan Desa Ake Jawi. Hasil dari kunjungan di Desa Lolobata yang juga merupakan Ibu Kota Kecamatan Wasile Selatan adalah dipinjamkannya bangunan bekas kantor PNPM yang masih layak pakai untuk Balai TNAL agar dapat digunakan sebagai kantor Resort Lolobata wilayah kerja SPTN III Subaim. Pihak Kecamatan akan memberikan lahan kepada Balai TNAL agar dapat membangun kantor resort di wilayah Wasile Tengah. Sedangkan kunjungan ke kelompok binaan di Desa Ake Jawi adalah mendengarkan penyampaian ketua kelompok tentang rencana kerja  kelompok wisata yang akan di dampingi oleh mitra Balai TNAL yaitu Cengkeh Afo dari Ternate.

 

 

Oleh:

Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai TN. Aketajawe Lolobata

Anda Pengunjung Ke
78
Jumlah Pengunjung
Hari Ini : 80
Kemarin : 195
Aketajawe Lolobata, Copyright © 2017
Support By :   Qithycomp